Trip to Klaten

Klaten memiliki banyak tempat wisata alam maupun sejarah. Tetapi sayangnya saat itu kami disana hanya 1 hari 2 malam, sehingga masih banyak sekali yang belum dikunjungi. Tempat wisata yang kami kunjungi hanya yang terkenal saja, seperti:

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan ini terletak di Kabupaten Prambanan, Sleman dan Kabupaten Prambanan, Klaten. Candi ini merupakan komplek candi Hindu yang terbesar di Indonesia. Candi ini juga sarat akan kisah cinta, antara perjuangan Bandung Bondowoso untuk mendapatkan Roro Jonggrang. Di dalam salah satu candi terdapat patung/arca Roro Jonggrang yang sangat besar. 

2. Istana Ratu Boko

Saat membeli tiket masuk di Candi Prambanan ada pilihan untuk tiket terusan ke Istana Ratu Boko. Untuk menuju Istana Ratu Boko ini kita akan naik Bus yang telah disediakan. Ratu Boko terletak sekitar 3 Km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting untuk film Indonesia yang berjudul AADC2. Tentu saja bersantai dan berfoto di Istana Ratu Boko ini sangat bagus.

3. Umbul Ponggok

Umbul dalam bahasa Jawa artinya mata air, sehingga umbul ponggok artinya mata air yang terletak di desa Ponggok. Wisatawan bisa snorkling dan berfoto di dalam air lengkap dengan properti dan fotographernya. Airnya sangat dingin dan segar karena bersumber dari mata air, sehingga ikan-ikan pun dapat hidup disana dan menemani kita saat berenang.

Kita dapat memilih properti untuk foto didalam air seperti motor vespa, sepeda onthel, ayunan, dll. Berfoto di dalam air cukup menegangkan untuk saya yang tidak bisa berenang dan menghabiskan waktu yang cukup lama karena tidak semudah saat kita berfoto di darat.

Eitss.. sebelum foto jangan lupa kita membeli makanan ikan yang dijual disana, agar ikan-ikan berkumpul dan diabadikan juga. File foto dapat diambil di dekat pintu masuk dan keluar. 

4. Taman Makam Sunan Pandanaran (Sunan Tembayat)

Saat di Klaten kami menginap di rumah saudara di desa Paseban Kecamatan Bayat yang lokasinya tidak jauh dengan taman makam ini. Sunan Pandanaran adalah salah satu tokoh agama Islam yang menyebarkan ajaran Islam di Jawa khususnya Klaten dan sekitarnya. Hingga saat ini kompleks makam ini masih banyak diziarahi oleh masyarakat dari seluruh penjuru tanah air.

5. Stasiun Kereta Api Klaten

Alat transportasi umum yang kami gunakan untuk lanjut trip ke kota selanjutnya tentu saja Kereta Api. Stasiun disini tidak sebesar stasiun di Bandung dan Yogyakarta, tetapi cukup ramai. Karena jadwal Kereta sampai tepat waktu, maka sampai jumpa di kota selanjutnya....

Itulah tempat-tempat yang bisa kami datangi selama diklaten. 

Travelling yuks....


Tidak ada komentar