Panen Buah Seri

Buah Seri atau nama latinnya Muntingia Calabura, merupakan sejenis tanaman perdu atau pohon kecil dengan ukuran buah yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Dibeberapa daerah di Indonesia, tanaman ini sangat mudah tumbuhnya dan tidak perlu perawatan khusus. 

Pohon Seri ini paling cocok untuk pohon peneduh karena cabang-cabang mendatar menggantung di ujungnya, membentuk naungan yang rindang. Sehingga pohon ini banyak dijumpai di komplek perumnas. Sekitar satu setengah tahun lalu ketika pindah rumah, suami langsung nanam pohon peneduh ini di halaman depan. Kondisi rumah saat itu sama seperti perumahan lainnya yang baru dibangun. Seluas mata memandang serasa hamparan tanah kuning yang terlihat. Terlebih lagi saat itu musim kemarau, debu beterbangan kemana-mana. 

Pohon seri yang ada dihalaman rumah kami selain menjadi peneduh tanaman kecil di bawahnya, juga menjadi primadona di komplek. Alasannya mungkin karena pohonnya yang rendah, rindang, berbuah lebat dan besar. Memang sih dibandingkan dengan buah seri beberapa tetangga, buah seri kami besar-besar dan manis. Sangat mudah dijangkau langsung dengan tangan, walaupun oleh orang yang tidak terlalu tinggi hee...

Ini foto buah seri yang kami panen, banyak bukaaan...



Buah seri ini ternyata kaya manfaat, copas dari http://www.aktual.com, berikut manfaat buah Seri bagi kesehatan :

1. Antiseptik
Rebusan daun kersen ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersen terbukti dapat membunuh bakteri C. Diptheriae, S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun kersen ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.

2. Antiinflamasi
Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3. Antitumor
Daun kersen dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersen ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.

4. Anti Uric Acid (Asam Urat)
Di Indonesia secara tradisional buah kersen telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tersebut.

5. Antidiabetes
50 – 100 gr daun kersen yang telah dicuci bersih direbus dalam 1 liter air hingga mendidih dan tersisa separuhnya. Hasil rebusan itu diminum 2 kali sehari. Jika menggunakan ekstrak daun kering, 2 – 5 gr diseduh dalam 200 ml air.

Jadi nggak ada salahnya sobat nanam pohon yang kaya manfaat ini yaa....

6 komentar